Rabu, 14 Maret 2012

Inilah GUI JAVA

Konsep Dasar GUI

Java GUI merupakan sebuah konsep yang memadukan dua buah teknologi yang ada yaitu Java dan GUI (Graphical User Interface). Seperti kita ketahui bersama Java merupakan bahasa pemrograman yang sudah mulai banyak digunakan saat ini karena beberapa kelebihan yang dimiliki seperti kemampuan multiplatform yang dimiliki, OOP, pustaka Class yang lengkap dsb.

Dapat disimpulkan bahwa Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI.  Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya  adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.

Pengertian GUI

Antar muka komputer yang berbasiskan grafis. Adalah citra grafis yang ditampilkan di layar komputer yang memungkinkan untuk mengakses aplikasi software dengan memakai menu dropdown, dialog box, radio button, check box, panel, tabs, toolbar, icon shortcuts dan tool lain. Atau bisa juga dikatakan jenis antarmuka pengguna yang memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan program dengan lebih banyak dengan gambar daripada perintah teks.
    
Sebuah GUI grafis menawarkan ikon, dan visual indikator, sebagai lawan dari antarmuka berbasis teks. Contoh perangkat yang menggunakan GUI:  perangkat genggam seperti MP3 Players, Portable Media Player dan perangkat Permainan. GUI ini dimulai pertama kali dengan X Windows hasil penelitian di MIT, kemudian Macintosh, Sun View, lalu disusul oleh Microsoft Windows, dan sistem operasi lainnya.




AWT

AWT merupakan singkatan dari Abstract Window Toolkit (meskipun orangdatang dengan memiliki banyak  ekspansi lainnya). AWT ini sekarang merupakan bagian dari Java Foundation Classes (JFC). API standar untuk menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk program JavaAWT juga toolkit GUI untukbeberapa profil Java ME.

contoh penggunaan AWT :
import java.awt.*;
public class FlowAp extends Frame{
public static void main(String argv[]){
            FlowAp fa=new FlowAp();
            //Change from BorderLayout default
            fa.setLayout(new FlowLayout());
            fa.setSize(400,300);
            fa.setVisible(true);
    }
    FlowAp(){
                add(new Button("SATU"));
                add(new Button("DUA"));
                add(new Button("TIGA"));
                add(new Button("EMPAT"));
                add(new Button("LIMA"));
                add(new Button("ENAM"));
                add(new Button("TUJUH"));
                add(new Button("DELAPAN"));
                add(new Button("SEMBILAN"));
                add(new Button("SEPULUH"));
        }//End of constructor
}//End of Application
 
 
SWING

Swing adalah bagian utama Java GUI widget toolkit.Swing adalah bagian dari Oracle's Java Foundation Classes (JFC)-API untuk menyediakan  graphical user interface (GUI) untuk program Java. Swing dikembangkan untuk menyediakan satu set yang lebih canggih dari komponen GUI dari Abstract Window Toolkit (AWT). 
 
Contoh penggunaan Swing :
 
public static void main(String[] args) {
        SwingExample se = new SwingExample();
        // Schedules theimport javax.swing.JButton; import javax.swing.JFrame; import javax.swing.JLabel; import javax.swing.SwingUtilities; public class SwingExample implements Runnable { @Overridepublic void run() { // Create the window JFrame f = new JFrame ("Hello, World!"); // Sets the behaviour for when the window is closedf.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); // add a label and a buttonf.getContentPane().add(new JLabel("Hello, world!")); f.getContentPane().add(new JButton("Press me!")); // arrange the components inside the window f.pack(); //By default, the window is not visible. Make it visible. f.setVisible(true); } application to be run at the correct time in the event queue.
        SwingUtilities.invokeLater(se);
    }
}
 

SWT
 
Standard Widget Toolkit (SWT) adalah toolkit widget grafis untuk digunakan dengan platform JavaIni pada awalnya dikembangkan oleh IBM dan sekarangdikelola oleh  Eclipse Foundation in tandem with the Eclipse IDE. Ini adalah sebuah alternatif untuk Window Toolkit Abstrak (AWT) dan Swing Java GUI toolkitsdisediakan oleh Sun Microsystems sebagai bagian dari Java Platform, Standard Edition.
 
Contoh penggunaan SWT :
  
import org.eclipse.swt.*;
import org.eclipse.swt.widgets.*;
 
public class HelloWorld 
{
   public static void main (String[] args) 
  {
      Display display = new Display();
      Shell shell = new Shell(display);
      Label label = new Label(shell, SWT.NONE);
      label.setText("Hello World");
      label.pack();
      shell.pack();
      shell.open();
      while (!shell.isDisposed()) 
      {
         if (!display.readAndDispatch()) display.sleep();
      }
      display.dispose();
   }
}
 
 
 
Sumber? Dari berbagai Sumber tentunya 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar